Pages

10.26.2011

Menu Pada Microsoft Word





1. Standar Toolbar


Standar toolbar berisi perintah pokok yang berhubungan dengan dokumen secara menyeluruh.



Standar toolbar

Shortcut icon yang terdapat pada standard toolbar dapat dimanfaatkan sesuai fungsinya, dengan memilih salah satu tombol berikut :

1. New Blank Document, Untuk menampilkan lembar kerja baru

2. Open, Untuk membuka berkas dokumen

3. Save, Untuk menyimpan berkas dokumen

4. E-mail, Untuk mengirim isi dari dokumen sebagai pesan e-mail

5. Print, Untuk mencetak berkas dokumen

6. Print Preview, Untuk melihat hasil berkas dokumen sebelum dicetak

7. Spelling and Grammar, Untuk melakukan pemeriksaan ejaan serta susunan kalimat

8. Cut, Untuk memotong / menghilangkan objek dan merekamnya ke dalam clipboard

9. Copy, Untuk menyalin objek ke dalam clipboard

10. Paste, Untuk menampilkan objek yang terekam di clipboard

11. Format Printer, Untuk menyalin format objek atau teks

12. Undo, Untuk membatalkan perintah terakhir

13. Redo, Untuk kembali pada perintah terakhir

14. Insert Hyperlink, Menyisipkan link untuk membuat, membuka, mengetikkan sebuah dokumen atau berpindah ke dokumen lain.

15. Tables dan Borders, Untuk menampilkan atau menyembunyikan toolbar table-border

16. Insert Table, Untuk menyisipkan tabel

17. Insert Excel Worksheet, Untuk menyisipkan lembar kerja Microsoft Excel

18. Columns, Untuk melakukan pengaturan kolom Koran

19. Drawing, Untuk menampilkan atau menyembunyikan menu Drawing

20. Document Map, Untuk menentukan pada posisi mana pekerjaan yang sedang berlangsung

21. Show / Hide, Untuk menampilkan atau menyembunyikan karakter-karakter yang tidak dicetak dan teks yang tersembunyi.

22. Zoom, Untuk memperbesar atau memperkecil tampilan kerja

23. Microsoft Word Help, Untuk meminta bantuan secara



2. Formatting Toolbar

Formatting Toolbar berisi semua perintah yang berhubungan dengan pengolahan teks pada dokumen aktif.



Formatting toolbar

Shortcut icon yang terdapat pada Formatting toolbar dapat dimanfaatkan sesuai fungsinya, dengan memilih salah satu tombol berikut :

1. Style, Untuk memilih gaya pada paragraph

2. Font, Untuk menentukan jenis huruf

3. Font Size, untuk menentukan ukuran huruf

4. Bold, Untuk membuat huruf atau teks cetak tebal

5. Italic, Untuk membuat huruf atau teks cetak miring

6. Underline, Untuk membuat garis bawah

7. Align Left, Untuk membuat teks atau paragraph pada posisi center

8. Center, Untuk membuat teks atau paragraph pada posisi center

9. Align Right, Untuk membuat teks atau paragraph rata kanan

10. Justify, Untuk membuat teks atau paragraph rata kanan

11. Numbering, Untuk membuat penomoran pada teks atau paragraph

12. Bullets, Untuk membuat penandaan pada teks atau paragraph

13. Decrease Indent, Untuk menggeser left indent kearah kiri

14. Increase Indent, Untuk menggeser left indent kearah kanan

15. Outside Border, Untuk menampilkan / menyembunyikan batas garis

16. Highlight (Teal), untuk membuat penandaan pada teks

17. Font Color, Untuk mengatur warna pada huruf


3. Drawing Toolbar
Drawing Toolbar berisi fasilitas serta perintah yang berhubungan dengan gambar atau objek.



Drawing toolbar

Shortcut icon yang terdapat pada drawing toolbar dapat dimanfaatkan sesuai fungsinya, dengan memilih salah satu tombol berikut :

1. Draw, Merupakan pulldown menu yang berisi perintah-perintah untuk melakukan pengaturan gambar atau objek

2. Select Objects, Pointer untuk melakukan proses selecting / selecting objek gambar

3. Free Rotate, Untuk menentukan ukuran huruf

4. Auto Shapes, Pulldown menu yang berisi galeri bentuk-bentuk objek instant yang dapat dipilih secara otomatis

5. Line, Untuk membuat garis lurus secara vertical, horizontal maupun diagonal

6. Arrow, Untuk membuat garis lurus dengan mata panah pada bagian ujungnya

7. Rectangle, Untuk membuat objek kotak (persegei atau bujur sangkar)

8. Oval, Untuk membuat objek oval atau lingkar

9. Text Box, Untuk membuat kotak yang dapat diisi teks didalamnya

10. Insert Word Art, Untuk menyisipkan Word Art

11. Insert Clip Art, Untuk menyisipkan Clip Art

12. Fill Color, Untuk mengisi warna pada objek bidang

13. Line Color, Untuk memberi warna pada garis

14. Line Style, Untuk membuat pengaturan model garis

15. Dash Style, Untuk membuat pengaturan model garis putus-putus

16. Arrow Style, Untuk membuat pengaturan model mata panah

17. Shadow, Untuk menampilkan efek bayangan pada objek

18. 3 – D, Untuk menampilkan efek 3 Dimensi pada objek

4. Lembar Kerja Microsoft Word


1. Menu File
Menu yang berhubungan dengan operasi terhadap file dokumen dengan sub menu sebagai berikut :

Sub Menu

Fungsi

1. New, Membuat Dokumen baru

2. Open, Membuka file dari peranti / media penyimpan

3. Close, Menutup jendela dokumen aktif

4. Save, Menyimpan dokumen yang masih aktif

5. Save As, Menyimpan dokumen yang belum mempunyai nama atau mengganti nama file dokumen yang akan disimpan

6. Save As, Menyimpan dokumen dalam bentuk halaman web

7. Web Page

8. Web Page melihat contoh tampilan halaman web yang dibuat dan yang akan dicetak

9. Preview

10. Page Setup, Mengatur halaman dokumen yang akan dicetak

11. Print Preview, Melihat contoh hasil dokumen (margins, ukuran kertas) sebelum dicetak melalui printer

12. Print, Mencetak dokumen

13. Send To, Mengirim dokumen

14. Properties, Membuat ringkasan dari dokumen yang aktif

15. Exit, Keluar dari Word sebelum menutup semua dokumen

2. Menu Edit
Menu yang berhubungan dengan penyuntingan (editing) terhadap file dokumen dengan submenu sebagai berikut :

Submenu

Fungsi

1. Undo, Membatalkan perintah yang terakhir dilakukan

2. Repeat, Mengulangi perintah terakhir yang sebelumnya dibatalkan melalui perintah undo

3. Cut, Memotong sebagian atau seluruh data

4. Copi, Menyalin data

5. Paste, Menyisipkan / meletakkan hasil copi dan cut

6. Paste Special, Fasilitas pendukung perintah cut dan copi terhadap hyperlink pada dokumen

7. Clear, Membersihkan atau menghapus semua data yang ada di dokumen

8. Select All, Memilih (memblok) seluruh isi dari dokumen

9. Find, Mencari data pada dokumen

10. Replace, Menggantikan data pada dokumen dengan data baru

11. Go to, Berpindah ke halaman tertentu dari dokumen bagian – bagian dari dokumen atau footnote

12. Link, Menampilkan atau mengubah setiap link yang ada di file dokumen

13. Objek, Mengedit objek yang berasal dari insert yang berhubungan dengan link (objek Clipart, dll)


3. Menu View
Menu yang berhubungan dengan tampilan dari file dokumen dengan sub menu sebagai berikut :

Submenu

Fungsi

1. Normal menampilkan dokumen dalam status normal

2. Web Layouts menampilkan dokumen dalam layouts web

3. Print Layouts menentukan dokumen dalam layouts cetak

4. Outline menampilkan struktur dokumen

5. Toolbar memunculkan toolbar words

6. Ruler memunculkan mistar dokumen

7. Dokumen map memunculkan bagian dari sub bagian dari dokumen pada jendela tersendiri

8. Header dan Footer membuat header dan footer sebagai efek cetakan

9. Comments menampilkan toolbars reviewing dan comment pada dokumen

10. Footnotes menampilkan cetakan kaki dokumen

11. Fullscreen menampilkan dokumen satu tayangan penuh

12. Zoom mengubah ukuran penampilan dokumen words


4. Menu Insert
Menu yang berhubungan dengan penyisipan pada file dokumen dengan sub menu sebagai berikut :

Submenu

Fungsi

1. Break, untuk membuat pemutusan halaman, section, kolom atau pun teks dari dokumen word

2. Page numbers, menyisipkan nomor halaman

3. Date and Time, menyisipkan tanggal dan waktu

4. Autotext, menyisipkan text tertentu

5. Field, menyisipkan field

6. Symbol, menyisipkan symbol

7. Comments, memberikan komentar lembar kerja

8. Footnote, menyisipkan catatan kaki dokumen

9. Cattions, menyisipkan judul table grafik atau persamaan dalam table

10. Croosreverense, menyisipkan reverensi silang

11. Index dan Tables, menyisipkan indeks dokumen, daftar isi, daftar gambar

12. Picture, menyisipkan gambar dari fasilitas cliptart, pronfile autosave organitations cart dan wordart

13. Textbox, menyisipkan kotak yang dapat diisi teks

14. File, menyisipkan file dokumen

15. Object, menyisipkan objek

16. Bookmark, menyisipkan bookmark

17. Hyperlink, menyisipkan teks dan gambar hyperlink pada lembar kerja dan membuat shortcut dalam membuka lembar kerja yang tersimpan di piranti penyimpanan

5. Menu Format
Menu yang berhubungan dengan operasi pengaturan terhadap file dokumen dengan submenus sebagai berikut :

Submenu

Fungsi

1. Font, mengatur tampilan font yang digunakan dalam dokumen

2. Paragraph, mengatur paragraph

3. Bullet and Numbering, mengatur pemberian tanda dan penomoran item

4. Border and Shading, mengatur batas-batas dan pembuatan efek bayangan

5. Columns, mengatur laju kolom dalam dokumen

6. Tabs, mengatur letak tabulasi dokumen

7. Changecase, mengubah huruf capital

8. Background, mengatur warna latar belakang dari dokumen

9. Theme, mengganti style dokumen

10. Frames, mengatur frames

11. Autoformat, mengatur secara otomatis

12. Style, mengatur style paragraph


6. Menu Tools
Menu yang berhubungan dengan operasi file terhadap dokumen dengan submenu sebagai berikut :

Submenu

Fungsi

1. Spelling and Grammar, memeriksa ejaan pada kata dokumen

2. Language , mengatur penggunaan bahasa

3. Wordcount, penghitungan jumlah halaman huruf, kata dan paragraph

4. Autocorrect, untuk menggabungkan dokumen

5. Trackchanges,melihat pengubahan data yang dilakukan berdasarkan waktu, siapa dan dimana pengubahan itu terjadi di dalam jaringan computer

6. Protect Document, mengamankan atau memproteksi dokumen online

7. Collaboration, menyusun dan mengadakan pertemuan beserta dengan jadwalnya, fasilitas ini terdiri dari MeetnNow, Schedule Meeting dan Web Discussion

8. Mailmerge, menggunakan fasilitas mailmerge

9. Envelope and Lables , pembuatan surat dan label

10. Letter Wizzards, membuat surat dengan fasilitas bantuan dan word

11. Macro, membuat atau menjalankan program macro, mengedit atau menghapus macro

12. Templates and Add Ins, mengaktifkan atau menonaktifkan program Add and Templates Word

13. Costumade Menta Toolbars, menambahkan command baru, membuat menu dan toolbars sesuai dengan keinginan pengguna

14. Options, pilihan dalam pengaturan


7. Menu Table
Menu yang berhubungan dengan pembuatan table dalam dokumen. Dengan submenu sebagai berikut :

Submenu

Fungsi

1. Drawtable, membuat table dengan menggambar

2. Insert, menyisipkan table

3. Delete, menghapus data

4. Mergecells, menggabungkan sel-sel dalam table

5. Splitcels, memisahkan sel-sel dalam table

6. Convert, mengkonversi table kedalam teks atau sebaliknya

7. Sort, mengurutkan data dalam table

8. Table Property, menampilkan rangkuman dalam table


8. Menu Window
Menu yang berhubungan dengan pengaturan terhadap jendela kerja dari dokumen dengan submenu sebagai berikut :

Submenu

Fungsi

1. New Windows, memperlihatkan dokumen yang sedag di edit pada jendela baru

2. Arrange All, mengatur jendela dari dokumen

3. Split, membagi dokumen menjadi beberapa bagian


9. Menu Help
Menu yang berhubungan dengan fasilitas bantuan dari word dengan submenu sebagai berikut :

Submenu

Fungsi

1. Microsoftword Help, menampilkan fasilitas office assistantk, dengan nama logo berturut seperti berikut eClippi, thedort, F1, Thedinius, Oficelogo, Mothernature, Links dan rocki Show Office assistant melihat keterangan dan topic terpilih secara langsung tanpa melalui fasilitas help

2. What’this ? memberikan penjelasan dan fungsi word dengan menampilkan teks pada toolbars

3. Office on the web, koneksi internet pada situs office pada Web

4. Detect and Repair, mendeteksi dan memperbaiki kesalahan pada word

5. About Microsoft, melihat penjelasan tentang Word dan konfigurasi computer yang digunakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar